Setelah Dicari, Oknum Anggota DPRD Menyerahkan Diri

Tim Kejaksaan saat menyambangi DPRD Sumbawa

SUMBAWA BESAR, (19/03/2016) Setelah sempat dicari kejaksaan yang dibantu kepolisian, Syamsuddin Biok—anggota DPRD Sumbawa akhirnya menyerahkan diri, Jumat (18/3) sekitar pukul 15.00 Wita. Biok—akrab wakil rakyat dari Fraksi Demokrat ini, sempat menghilang saat hendak dieksekusi pihak Kejaksaan Negeri Sumbawa, Kamis (17/3) kemarin. Biok harus kembali mendekam di balik jeruji besi menyusul adanya putusan Kasasi Mahkamah Agung (MA) yang menghukumnya selama 1 tahun 2 bulan penjara. Sebelumnya Biok sudah menjalani sekitar satu tahun penjara sesuai putusan banding Pengadilan Tinggi. Kini harus menuntaskan sisa masa hukumannya yang hanya tinggal dua bulan.

Tim kejaksaan mencari Biok di kediaman Ketua Demokrat Sumbawa, Syamsul Fikri

Tim kejaksaan mencari Biok di kediaman Ketua Demokrat Sumbawa, Syamsul Fikri

Ketika akan dieksekusi, Anggota DPRD dua periode itu menghilang setelah pamit mengambil pakaiannya. Hingga pukul 18.00 atau menjelang malam, Biok tidak kembali dan handphonenya sudah tidak aktif. Esoknya pihak kejaksaan yang dipimpin Kasi Pidum Feddy Hantyo Nugroho SH dibantu aparat kepolisian melakukan pencarian. Dimulai dari Kantor DPRD Sumbawa untuk memastikan Biok ada di kantornya. Tim sempat bertemu Kabag Humas DPRD I Made Patriya AP. Namun yang dicari tidak masuk kantor. Pencarian berlanjut ke rumah kerabatnya di PPN Bukit Permai, Kelurahan Seketeng. Dari penjelasan keluarga jika anggota Komisi IV DPRD Sumbawa itu sempat mampir untuk mengambil pakaiannya dan mengatakan akan pergi ke suatu tempat. Setelah itu keluarganya ini tidak bisa menghubungi Biok meski melalui saluran telepon seluler. Kini giliran kediaman Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sumbawa, Syamsul Fikri AR S.Ag M.Si di wilayah Kelurahan Brang Bara. Di tempat ini juga Biok tidak ditemukan. Selaku Ketua Partai, Fikri meminta semua anggota partainya mencari keberadaan Biok. Bahkan usai Sholat Jumat, pihak Demokrat berencana akan mencari Biok di kediamannya wilayah Kecamatan Empang. Belum sempat berangkat, ada informasi jika Biok telah berada di kantor kejaksaan.

Syamsuddin Biok saat hendak dieksekusi

Syamsuddin Biok saat hendak dieksekusi

Saat itu juga kejaksaan langsung melakukan eksekusi dan Biok diantar ke Lapas Sumbawa untuk menjalani masa hukumannya. “Benar, Saudara Syamsuddin sudah datang dan sudah kami antar ke Lapas Sumbawa,” kata Feddy—akrab Kasi Pidum disapa. Kepada pihak kejaksaan Biok membantah hendak kabur melainkan hanya membutuhkan waktu untuk menyelesaikan urusannya. (HUMAS POLRES SUMBAWA)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close