AUDIENSI KELOMPOK API DI RUANG LOBI KAPOLRES BIMA KOTA TERKAIT MASALAH PRIBUMI DAN ETNIS TIONGHOA

18 Maret, 2016
47 Views
AUDIENSI KELOMOK API DI RUANG LOBI POLRES BIMA KOTA

AUDIENSI KELOMOK API DI RUANG LOBI POLRES BIMA KOTA

BIMA KOTA, Giat audiensi dari Aliansi Pejuang Integritas (API) terkait atas penghinaan terhadap penduduk pribumi yang dilakukan oleh warga Tionghoa bertempat di Ruangan Kapolres Bima Kota Kamis (17/03/2016) pukul 10.10 wita,  perangkat aksi yang digunakan 1 Unit Mibil Pick – Up No.Pol EA 9902 XZ, Sound system, dengan jumlah massa sekitar 20 orang bertindak sebagai Koorlap Sdr. M. SIDIK dan Sdr. AHMAD YANI.‎

Sebelumnya massa aksi berkumpul dan mengambil start di Depan Gedung Paruga Nae Convention Hall Kel. Manggemaci Kec. Mpunda Kota Bima menuju ke Mapolres Bima Kota. Pukul 10.10 wita masa bergerak menuju Mapolres Bima Kota sambil melakukan orasi di sepanjang Jalan yang intinya yakni tidak sepatutnya penduduk asli pribumi memberikan kesempatan kepada warga Tionghoa untuk mengusai wilayah Kota / Kab Bima dimana tidak sama sekali memberikan kontribusi terhadap masyarakat Kota / Kab Bima melainkan menghisap darah pribumi.

Pukul 10.27 wita masa audiensi tiba di depan Mapolres Bima Kota dan langsung diterima oleh Kapolres Bima Kota. Adapun yang hadir dalam kegiatan audiensi tersebut yakni  Kapolres Bima Kota, Kepala Bin NTB, Kabag Ops Polres Bima Kota, KBO Intelkam Polres Bima Kota dan Lima perwakilan dari masa API yakni Sdr. SUDIRMAN als TOPAN, Sdr. MUCHTAR als BURY, Sdr. AHMAD YANI als YAN, Sdr. ABI SUPARDIN, dan Sdr. USMAN als SOMAT

Adapun beberapa penyampaian dari masa audiensi yang intinya yakni :

  • Menyatakan bahwa masyarakat sesumbawa ada agenda yang tertunda bukan rahasia umum lagi dimana telah dibentuknya KP3S bersamaan dengan perjuangan kami yang sangat lama.
  • Ada perasaan tersinggung saat kami bertamu dan dibilang pribumi sehingga terjadi kesalahpahaman komunikasi. sebagai warga pribumi seharusnya kami diterima dengan baik sering kami melakukan pertemuan dengan petinggi – petinggi di Wilayah Kota / Kab. Bima namun sepertinya saat itu bertemu dan berkomunikasi dengan warga Tionghoa rasanya agak susah.
  • Kami tidak bermaksud mengusir Etnis Tionghoa hanya saja warga Tionghoa terlalu buta terdapat tanah pribumi walaupun demikian warga Kota / Kab. Bima akan tetap selalu mengawal pembangunan di wilayah Kota / Kab.
  • Diketahui bahwa upah buruh yang diterima tidak sesuai dengan penetapan UMP 2016 berdasarkan Keputusan Gubernur upah buruh untuk Provinsi NTB sebesar Rp 1.482.950,- dimana diketahui sangat banyak membuat resah para buruh di wilayah Kota / Kab.

Adapun tanggapan bpk. Kapolres Bima Kota dari beberapa penyampaian diatas yang intinya yakni :

  • Ucapan terimakasih atas kedatangannya untuk rekan – rekan disini, harapan kami dari beberapa penyampaian tadi agar saat diluar tidak mengeluarkan bahasa – bahasa yang menimbulkan permasalahan sara lagi dikarenakan apabila terjadi akan sangat berdampak tidak baik bagi kamtibmas di Wilayah Kota maupun Kab. Bima.
  • Menyampaikan bahwa penyampaian pendapat di muka umum merupakan hak bagi setiap orang namun ada batasannya apalagi hal ini menyangkut permasalahan sara.
  • Sebagai umat beragama kita diciptakan untuk hidup berdampingan, Negara kita ini memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika dimana kita hidup berdampingan dengan berbagai suku dan dalam setiap permasalahan pasti ada penyelesaiannya melalui jalur hukum.
  • Terkait permasalahan upah minimum buruh yang tidak sesuai dengan Keputusan Gubernur hal tersebut sudah ada yang mengaturnya dan kami akan bicarakan kembali dengan pihak Pemerintah ataupun instansi yang menangani upah buruh tersebut
  • Kami Pihak Kepolisian mengajak rekan – rekan jangan sampai di wilayah Kota / Kab. Bima timbul permasalahan Sara, mari kita berkerjasama dalam menjaga kamtibmas di Wilayah Kota / Kab. Bima.

Setelah mendengar dan menerima tanggapan dari Bpk. Kapolres Bima Kota selanjutnya masa audiensi memutuskan untuk balik kanan kegiatan berakhir pukul 11.07 wita dan dilakukan Monitoring oleh Personil Intelkam Polsek Rasanae Barat dan Satu Unit Intelkam Polres Bima Kota.

You may be interested

Polwan Hibur Anak-anak Korban Banjir di Lombok Timur
Binkam
shares3 views
Binkam
shares3 views

Polwan Hibur Anak-anak Korban Banjir di Lombok Timur

adminpolda 2 - Nov 21, 2017

[caption id="attachment_43436" align="alignnone" width="960"] polwan hibur anak-anak korban banjir di lotim[/caption] Mataram - Satuan Lalulintas Polda NTB menurunkan Polisi Wanita…

Tidak Ingin Generasi Muda Dirusak Narkoba, Desa Jagaraga undang BNN Prov. NTB
Binkam
shares9 views
Binkam
shares9 views

Tidak Ingin Generasi Muda Dirusak Narkoba, Desa Jagaraga undang BNN Prov. NTB

Polres Lobar - Nov 21, 2017

Kuripan - Maraknya peredaran narkoba di Indonesia Khususnya di Nusa Tenggagara Barat, Aparat Desa Jagaraga dan Karang Taruna "Taruna Jaya"…

Polisi Kini Terlibat Langsung Mengawasi Dana Desa
Binkam
shares7 views
Binkam
shares7 views

Polisi Kini Terlibat Langsung Mengawasi Dana Desa

adminpolda 2 - Nov 21, 2017

[caption id="attachment_41973" align="alignnone" width="600"] Direktur Reskrimsus Polda NTB Kombes Pol. Anom Wibowo saat memberikan arahan[/caption] Mataram - Penyerapan anggaran desa…

Leave a Comment

Your email address will not be published.