Polisi Bongkar Sindikat Penjual Mobil Bodong Antar Pulau di Bima

11 April, 2016
106 Views
ilustrasi mobil bodong

ilustrasi mobil bodong

tribratanewsntb.com Bima – Polres Bima berhasil membongkar sindikat penjual mobil mewah bodong antar pulau di NTB. Seorang tersangka yang bertugas sebagai penyuplai di wilayah Bima, inisial M alias J, berhasil dibekuk. Selain itu, tersangka juga diduga terlibat dalam pemalsuan dokumen kendaraan. Dari tangannya, Polisi menyita belasan unit mobil bodong mewah berbagai merek, serta belasan dokumen kendaraan seperti STNK dan BPKB palsu. Kapolres Bima Kabupaten AKBP Gatut Kurniadin SIK, kepada wartawan, Sabtu, (12/3) mengatakan, pihaknya menangkap pelaku, menindaklanjuti setelah tertangkapnya sejumlah tersangka oleh pihak Mapolda NTB terkait kasus serupa.

“Sindikat di wilayah Pulau Lombok sudah dibekuk, makanya kita tindaklanjuti di Bima. Karena jaringan ini diduga antar pulau,” ucapnya.

Kata dia, dengan adanya jejak tersebut. Pihaknya langsung bergerak dan memantau wilayah – wilayah yang menjadi target pemasarannya. Alhasil penyuplai mobil di Bima berhasil dibekuk karena berawal dari laporan warga. “Begitu ada laporan kita langsung membekuk, oknum yang diduga menawarkan dan menjual mobil bodong berbagai merek ini,” katanya.

Gatut menyebutkan, dari tangan tersangka, pihaknya menyita belasan unit mobil berbagai jenis, sejumlah dokumen kendaraan antara lain BPKB dan STNK palsu.

“Ada 11 mobil bodong dan satu unit sepeda motor yang diamankan,” sebutnya.

Menurut Gatut, tersangka M alias J merupakan salahsatu pelaku jaringan sindikat mobil bodong yang diduga berpusat wilayah Lombok. Dalam sindikat ini juga terlibat dalam pembuatan STNK, BPKB dan mencetak nomor kendaraan palsu. “Setiap daerah atau wilayah, sindikat ini memiliki diduga memilik jaringan,” akunnya. Menurutnya, dari hasil interogasi. Tersangka mengaku menjual mobil dengan harga antara Rp30 hingga Rp40 juta persatu unit. Bahkan, lanjut Gatut, mobil mewah merek Pajero Sport yang harganya kurang lebih setengah miliar dijual dengan harga murah.

“Masyarakat jangan terlena dengan modus yang ditawarkan jaringan ini, salahsatunya menawarkan mobil dengan harga yang murah,” katanya. Dia menambahkan bagi masyarakat yang pernah atau merasa kehilangan mobil agar mengecek di Mapolres setempat. Gatut memastikan tidak akan menarik uang sepersepun kepada pemilik kendaraan. “Pemilik bisa cukup membuktikan STNK atau BPKB asli,” katanya menambahkan.

Gatut menegaskan, tersangka M alias J akan dikenakan pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen jo pasal 378 KUHP tentang penipuan jo Pasal 480 KUHP tentang penadahan. “Tersangka kita amankan, sementara untuk BB yang disita, akan dikoordinasikan dengan Polda,” pungkasnya. (azi)

You may be interested

Tim Opsnal Operasi Antik Gatarin 2017 Kembali Bekuk Pengedar Narkoba
Binkam
shares7 views
Binkam
shares7 views

Tim Opsnal Operasi Antik Gatarin 2017 Kembali Bekuk Pengedar Narkoba

Polres Lotim - Okt 18, 2017

[caption id="attachment_41389" align="alignleft" width="399"] DPO YANG BERHASIL DITANGKAP TIM OPSNAL OPERASI ANTIK GATARIN 2017[/caption] Selong  - Selang beberapa jam Tim…

Terlibat Perselisihan, Empat Warga Renda Dilarikan Kerumah Sakit
Binkam
shares7 views
Binkam
shares7 views

Terlibat Perselisihan, Empat Warga Renda Dilarikan Kerumah Sakit

Polres Dompu - Okt 18, 2017

Dompu - Akibat perselisihan antara dua kubu di Lingkungan Renda RT 12 Kelurahan Simpasai Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, empat warga…

Kedapatan Bawa 100 Papan Tramadol, Dua Pemuda Wera Ini Diciduk Polisi
Headline
shares5 views
Headline
shares5 views

Kedapatan Bawa 100 Papan Tramadol, Dua Pemuda Wera Ini Diciduk Polisi

Polres Bima Kota - Okt 18, 2017

[caption id="attachment_41377" align="alignleft" width="300"] Dua orang pelaku yang diamankan oleh petugas[/caption] Bima Kota – Tak banyak yang diperbuat oleh FR…

Leave a Comment

Your email address will not be published.