Seratus Lebih Satwa Langka Penyu Sisik Hijau Diselamatkan Anggota Dit Polair Polda NTB

851331597_123205
Anggota Dit Polair Polda NTB yang melepas tukik di bibir pantai

tribratanewsntb.com – Senggigi Sekitar seratus lebih anak penyu sisik hijau(tukik) yaitu salah satu satwa yang dilindungi karena jumlahnya yang semakin langka di dunia berhasil diselamatkan oleh personil Direktorat Kepolisian Perairan Polda NTB. Penemuan anak penyu ini didapat secara kebetulan pada saat melaksanakan pengamanan pantai wisata di wilayah Kerandangan, Senggigi Kabupaten Lombok Barat, Rabu (9/3) sekitar pukul  11.00 Wita.

Pada saat melakukan patroli jalan kaki di pesisir pantai Kerandangan, Bripka Wahyu Hartomo yang pada saat itu memimpin rekan – rekannya bertugas melihat anak – anak kecil yang berkunjung ke pantai memainkan sesuatu, setelah didekati ternyata itu adalah anak penyu sisik hijau. Mengetahui hal itu, Wahyu dan rekan – rekannya menghimbau dan mengajak anak – anak yang menemukan anak penyu(tukik) itu untuk melepaskannya ke bibir pantai agar dapat hidup ke alam bebas.

“Kita selamatkan tukik – tukik ini dengan memindahkannya ke bibir pantai supaya mereka bisa ke laut dan tidak mati di daratan” ujarnya.

Sekitar seratus ekor lebih tukik yang berhasil diselamatkan oleh anggota Dit Polair Polda NTB dengan memindahkannya ke bibir pantai dan menungguinya sampai masuk ke laut, namun disayangkan hampir seratus ekor juga tukik – tukik itu mati kekeringan karena tidak berhasil menuju bibir pantai.

“Kemungkinan tukik – tukik yang mati ini menetas tadi malam dan tidak bisa mencapai bibir pantai, makanya mereka mati” ungkapnya.

Harapannya bila ada masyarakat yang menemukan anak penyu(tukik) lagi, dapat langsung membantu menyelamatkan mereka dengan mengangkat dan membawa ke bibir pantai agar anak – anak penyu sisik hijau yang habitatnya kian langka dapat terselamatkan. [hoff]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close