Kasat Lantas: KTL di Lombok Timur “Belum Beres”

kawasan tertib lalulintas
kawasan tertib lalulintas

tribratanewsntb.com Selong – Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Poles Lotim, AKP Bayu Panduwinoto, SiK mengakui Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) di Lotim belum beres. Istilah ini digunakan Kasatlantas ini karena melihat banyaknya tingkat pelanggaaran lalu lintas. Penyakit KTL tersebut coba akan diobati selama 21 hari kedepan melalui kegiatan Operasi Simpatik Gatarin.

Hal ini dikatakan AKP Bayu di Mapolres Lotim usai menggelar Operasi Simatik melibatkan anak-anak Taman Kanak-kanak Bhayangkari Selong, Kamis (3/3) kemarin. Disebut, meski sudah KTL namun tingkat pelangarannya terbilang masih sangat tinggi. Antara lain, tidak memakai helm dan melanggar arus lalu lintas. Selama dua hari saja dicatat sudah 22 kasus pelanggaran.

Dijelaskan, selama kegiatan operasi simpatik Gatarin 2016 ini, Satuan Lalu Lintas melakukan sejumlah kegiatan. Diantaranya melibat anak TK. Anak-anak TK ini memberikan sosialisasi langsung di pinggir jalan agar para pengendara menaati aturan lalu lintas.

Dengan membawa sejumlah atribut, anak TK menyampaikan ucapan terim kasih kepada pengendara yang taat. Sedangkan yang tidak memakai helm diperingatkan langsung. Ejekan anak kecil tersebut diharap bisa membuat malu para pengendara yang tidak pakai helm. “Pengendara yang melanggar ini biar anak kecil yang marahin,” urainya.

Pada kegiatan operasi simpatik, sebanyak 20 persen diperuntukan buat penindakan dan 80 persen teguran. Harapanya melalui kegiatan operasi simpatik ini bisa meningkatkan kesadaran para pengendara mentaati aturan lalu lintas.

Lebih jauh bicara KTL, di Lotim panjangnya 5 km. Terpusat di wilayah Kota Selong. Pembuatan KTL bukan oleh aparat Kepolisian. Namun oleh PU, Dishub dan melalui SK Bupati. Aturan lalu lintas di KTL lebih tegas dibanding luar KTL. Utamanya dari denda tilang lebih tinggi dibanding luar KTL.(azi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close