Oknum Anggota Dewan Lobar Disidang di Tempat Saat Operasi Simpatik

12 April, 2016
93 Views
ilustrasi ops simpatik

ilustrasi ops simpatik

tribratanewsntb.com Giri Menang – Satlantas Polres Lombok Barat mulai menggelar operasi simpatik gatarin tahun 2016, operasi yang dilakukan pada hari Rabu (2/3) ini bertujuan untuk menekan pelangaran lalu lintas (lalin) marga jalan, kendaraan bak terbuka dan pelanggaran Lalin menumbulkan lakalantas untuk menurunkan angka kecelakan dan kemacetan. Dari hasil operasi tersebut, puluhan unit kendaraan roda dua dan empat terjaring.

Dalam operasi itu, disasar juga kendaraan roda empat yang dikendarai oknum anggota DPRD Lobar insial A. Kendaraan bersama anggota dewan PDIP ini terpaksa diamankan karena oknum dewan tak membawa SIM. Akibatnya, oknum dewan ini pun harus menjalani sidang ditempat oleh petugas dari PN Mataram. Menurut pantauan, di lokasi razia di jalur Mapolres Lobar, tim yang dikerahkan berasal dari semua Satker dipimpin langsung oleh Kasatlantas, Iptu Gusriyadi Abustan. Sebelum menggelar razia, Kasatlantas memberikan pengarahan terhadap anggota dan doa bersama.

Tim tersebut lalu dibagi, sebagian menyetop kendaraan di utara, tengah dan selatan. Semua jenis kendaraan yang lewat jalur itu, distop oleh anggota, entah itu roda dua, roda ampat. Pengendara roda empat diperiksa kelengkapan berkendara, seperti SiM dan STNK, begitupula pengendara kendaraan roda empat. Kendataan box yang lewat dibongkar bawang bawannya. Pengendara yang tak lengkap membawa kelengkapan berkendara ditahan sementara untuk disidang oleh tim PN Mataram yang sudah standby di pintu masuk Mapolres. Pengendara disidang ditempat, bagi yang tidak lengkap membawa surat kendaraan membayar denda langsung kepada petugas PN.

Selang beberapa belas menit razia berlangsung, kendaraan roda empat berwarna putih disetop oleh KBO Lantas, Ipda Sofyan dan anggota. Setelah ditanya, ternyata kendaraan itu ditumpangi oknum anggota dewan, insial A. Oknum dewan ini bermaksud berangkat dari Lembar menuju Kantor Dewan di Gerung. Sebelum lewat di lokasi razia, Oknum dewan ini sempat memberi tanda supaya tidak ditahan dengan menyalakan lampu (ngedim) namun tak dihiraukan oleh polisi. Anggota pun menahan sementara oknum dewan dan kendaraannya untuk disidang ditempat.

Oknum dewan insial A berdalih, bahwa ia tak membawa SIM karena dompetnya hilang sewaktu Kunjungan kerja ke Jakarta beberapa waktu lalu. Ia belum sempat mengurus membuat SIM karena baru balik dari kunjungan.“Supaya saya ndak dinilai tidak taat aturan, dompet saya hilang waktu ke luar daerah, semua SIM saya hilang disana,”akunya. Ia berjanji akan membuat SIM. Oknum dewan ini pun disidang ditemat. Ia membayar sejumlah uang sebagai denda atas ketidak taatannya terhadap aturan lalu lintas.

Kasatlantas Iptu Gusriyadi Abustan menyatakan, kaitan dengan adanya oknum dewan yang dijaring razia memang dilaksanakan aturan. Siapapun yang melanggar akan ditilang, entah itu dewan dan pejabat serta polisi sekaliun. “Tetap ditindak, kan sudah sidang,”ujarnya. Dijelaskan lebih jauh terkait kegiatan operasi simpatik gatarin dimulai sejak tanggal 1 maret samai 21 maret. Operasi simpatik gatarin ini dilaksanakan serempak seluruh indonesia.Lokasi-lokasi saasaran operasi ini sendiri diprioritaskan di jalur kawasan tertib lalu lintas (KTL), khsusnya jalur bundaran patung sapi – pasar gerung sampai dengan patung koperasi dengan panjang 3 kilometer.

Untuk melaksanakan operasi ini, pihakna menerjunkan anggota dari seluruh satker sebanyak 69 personel terbagi ke dua wilayah yakni KLU dan Lobar. Ditekankan dalam operasi ini menindak pelangaran marga jalan, kendaraan bak terbuka, pelanggaran lakalantas menimbulkan korban, dan menurunkan kecelakan serta kemacetan. Dalam operasi ini kebetulan bertepatan dengan program dari PN Mataram sehingga mereka dilibatkan melakukan sidang ditempat. Selama operasi simpatik ini pihaknya wajib melakukan razia setiap hari, namun tidak tentu waktunya bisa malam dan siang hari. Khusus di jalur KTL pihaknya membuat posko di eks pasar gerung. Di posko ini ditempatkan 2-4 orang anggota. (azi)

You may be interested

Tim Patroli Gabungan Brimob dan Dalmas  Amankan Dua Warga dan Senpi Rakitan di Bima
Binkam
shares2 views
Binkam
shares2 views

Tim Patroli Gabungan Brimob dan Dalmas Amankan Dua Warga dan Senpi Rakitan di Bima

Brigade Mobil - Nov 20, 2017

Bima, Tim Patroli Gabungan Brimob Detasemen A Pelopor dan Dalmas Polres Bima Kabupaten  yang dipimpin oleh Aiptu M. Zainal Abidin…

Dit Sabhara Polda NTB Terjunkan Personil Bantu Warga Yang Terkena Bencana di Lombok Timur
Headline
shares4 views
Headline
shares4 views

Dit Sabhara Polda NTB Terjunkan Personil Bantu Warga Yang Terkena Bencana di Lombok Timur

DIT SABHARA - Nov 20, 2017

Mataram – perubahan cuaca berupa hujan lebat disertai angin kencang menyergap beberapa wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Barat, salah satu wilayah…

Polisi Bantu Penanganan Pasca Banjir Bandang di Lombok Timur
Binkam
shares7 views
Binkam
shares7 views

Polisi Bantu Penanganan Pasca Banjir Bandang di Lombok Timur

adminpolda 6 - Nov 20, 2017

[caption id="attachment_43333" align="alignnone" width="627"] satuan brimob bergotong royong membersihkan sisa banjir bandang[/caption] Mataram - Banjir bandang yang menerjang Kabupaten Lombok…

Leave a Comment

Your email address will not be published.