Polres sumbawa Amankan Aksi Unras “AMAN”, Desak Sahkan Ranperda Masyarakat Adat

Syamsul Fikri Demo

Sebagai pihak yang menginisiasi lahirnya Ranperda itu, AMAN meminta itikad baik pemerintah daerah baik eksekutif maupun legislative. “Perda ini sangat penting bagi masyarakat adat, karena itu kami minta komitmen politik DPRD Sumbawa untuk segera merealisasikannya,” pinta salah seorang orator.

Demo Aman 1Menanggapi aksi itu Ketua Komisi I Syamsul Fikri AR S.Ag M.Si yang menerima massa, menegaskan jika Ranperda itu tidak masuk dalam pembahasan Ranperda yang dibahas saat ini. Kebetulan saat AMAN menggelar aksi, DPRD tengah melaksanakan rapat paripurna untuk menyetujui tiga Ranperda inisiatif DPRD yakni Ranperda Penanggulangan Bencana Alam, Ranperda Pengelolaan Sampah dan Ranperda PKTM (Pengelolaan Kayu Tanah Milik). Tiga Ranperda yang dibahas saat ini adalah Ranperda yang tidak tuntas dibahas pada Tahun 2015 lalu.

Untuk Ranperda Masyarakat Adat, Fikri mengaku sudah diusulkan Komisi yang dipimpinnya bersama dengan Ranperda tentang Keamanan dan Kondusifitas Daerah, Ranperda tentang BUMDes. Namun tidak satupun pihak ketiga (sesuai sistem anggaran) yang berani menangani Ranperda tentang Masyarakat Adat. Meski demikian, pihaknya berjanji dan memastikan jika Ranperda tentang Pengakuan Masyarakat Adat akan dimasukkan dalam prolegda (Program Legislasi Daerah) tahun ini untuk dibahas. (HUMAS POLRES SUMBAWA)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close