Polisi Amankan Pencuri Kabel PLN

ilustrasi maling kabel ketangkap
ilustrasi maling kabel ketangkap

tribratanewsntb.com – Mataram . Tanpa lagi memperdulikan tegangan tinggi dari listrik yang mengalir pria ini nekat mencuri kabel listrik disalah satu rumah warga BTN Taman Indah, Mataram.

Kepolisian Sektor Pagutan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, pun akhirnya berhasil mengamankan pria nekat berinisial MU (25), asal Desa Jelantik, Kabupaten Lombok Tengah, tersebut.

Kapolsek Pagutan Ipda I Putu Gede Sudarsana di Mataram, Rabu (24/2), mengatakan MU diamankan pada Rabu dini hari, sekitar pukul 05.00 WITA, setelah berhasil mengambil kabel listrik yang ada di halaman rumah korban.

“Jadi pelaku tertangkap basah oleh warga setempat usai melancarkan aksinya,” kata Sudarsana.

Menurut keterangan saksi, awalya MU dilihat sedang bersama seorang rekannya yang berhasil melarikan diri bersembunyi di balik tembok rumah warga BTN Taman Indah.

Kecurigaan semakin bertambah saat melihat kedua pelaku sedang berusaha bersembunyi dengan membawa kabel listrik yang diduga barang hasil curian.

Mengetahui hal tersebut, warga yang melihat langsung berteriak maling hingga terdengar dan membangunkan sejumlah warga setempat.Akibatnya, pelaku yang sempat melarikan diri akhirnya berhasil tertangkap warga.

“Satu rekannya kabur, sedangkan MU tertangkap.Warga yang berhasil mendapatinya sempat menghakimi hingga akhirnya kami datang mengamankan,” ujarnya.

MU saat ini sudah diamankan di Mapolsek Pagutan beserta seluruh barang bukti yang diduga hasil curiannya. Adapun barang bukti yang diamankan antara lain tas ransel warna coklat berisi barang yang diduga hasil curian berupa kabel listrik dan sejumlah alat pemotong.

“Setelah kami rincikan, jumlah kerugian korban mencapai Rp10 juta, itu berdasarkan hasil kabel listrik yang diambil pelaku,” ucapnya.

Akibat perbuatannya, kini MU yang masih diperiksa oleh penyidik Polsek Pagutan itu bisa dijerat pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian, dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

Terkait dengan rekan MU yang berhasil melarikan diri, Sudarsana mengaku pihaknya sudah menugaskan anggota untuk mengejarnya sesuai identitas yang diberikan pelaku.

“Sampai saat ini rekannya masih dalam pengejaran, tapi identitasnya sudah kita kantongi,” kata Sudarsana.

Sementara itu, pegawai PLN korwas cabang Mataram I Nyoman Suparta menjelaskan perihal kerugian yang ditimbulkan akibat kejadian pencurian tersebut diperkirakan sekitar 10 juta rupiah. (azi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close