“Polres Sumbawa Simulasikan Bom Meledak , Satu Polisi Terluka”

21 Februari, 2016
98 Views
Home / HukumKriminal / “Bom Meledak di Polres Sumbawa, Satu Polisi Terluka”
Korban Bom 1

SUMBAWA BESAR, (19/02/2016) Suara ledakan disertai getaran yang cukup hebat mengguncang Polres Sumbawa. Semua anggota berlari keluar ruangan untuk menyelamatkan diri dan memastikan apa yang telah terjadi. Dari kejauhan terlihat satu anggota terkapar bersimbah darah. Ternyata suara itu berasal dari ledakan bom yang menimpa anggota tersebut. Dengan sigap anggota lainnya langsung memberikan pertolongan, dan segera mengevakuasi korban ke pusat pelayanan kesehatan terdekat. Anggota lainnya melokalisir lokasi serta menyisir untuk memastikan tidak ada lagi bom lainnya. Peristiwa tersebut bukan sungguhan melainkan tergambar dalam simulasi penanganan korban ledakan bom yang digelar Polres Sumbawa, Jumat (19/2) kemarin. Kegiatan ini untuk membangkitkan kesigapan sekaligus keahlian anggota setempat dalam menghadapi situasi apapun terutama dalam menangani korban ledakan bom.

Hanya Simulasi

Hanya Simulasi

Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad SIK yang dikonfirmasi mengatakan, simulasi ini dilaksanakan terkait kejadian bom di sejumlah tempat serta penangkapan DPO terduga teroris di Bima. Selain itu agar anggotanya mengetahui prosedur tindakan jika hal tersebut terjadi. “Setiap selesai apel pagi kami melakukan sejumlah latihan,” katanya.

Untuk mendukung latihan ini lanjut Kapolres, pihaknya memiliki inventaris yang menjadi alat khusus dan alat utama kepolisian. Ke depan anggotanya akan menggelar latihan bersama anggota Brimob khususnya untuk penjinakan bom. Selain latihan kesiapsiagaan, Polres Sumbawa juga meningkatkan patroli berskala besar dengan menggunakan senjata. Patroli ini adalah kegiatan pencegahan. “Meski belum ada gejala yang dapat mengancam kondusifitas daerah di Sumbawa, kami tetap antisipasi salah satunya dengan cara latihan ini,” jelas perwira dengan dua melati di pundak ini.

Pihaknya juga mengantisipasi adanya aksi kelompok radikal yang menyerang anggota polisi. Antisipasi ini berupa pengamanan menggunakan system ‘buddy system’ yaitu anggota polisi saling melindungi satu sama lain. Tak hanya itu di sekitar Mapolres Sumbawa dipasang kamera CCTV di titik-titik strategis guna memantau gerak-gerik mencurigakan dari warga yang berkunjung ke kantor polisi. “Kami juga berharap pemerintah memasang kamera CCTV di persimpangan jalan atau titik-titik strategis lainnya, sehingga segala aktivitas warga dapat terpantau yang bisa juga merekam aksi kejahatan maupun mendeteksi hal yang berpotensi terjadinya gangguan keamanan.

Upaya lainnya, polisi berkoordinasi dengan Pemda Sumbawa untuk melaksanakan Operasi Yustisi yang bertujuan memastikan kejelasan identitas pendatang yang tinggal di daerah ini. (HUMAS POLRES SUMBAWA)

You may be interested

Guna Jalannya Pilkades Yang Aman, Polres Lotim Lakukan Rapat Koordinasi
Binkam
shares2 views
Binkam
shares2 views

Guna Jalannya Pilkades Yang Aman, Polres Lotim Lakukan Rapat Koordinasi

Polres Lotim - Okt 23, 2017

[caption id="attachment_41684" align="alignleft" width="358"] PIHAK POLRES LOTIM BERSAMA DENGAN ANGGOTA KODIM 1615 SERTA UNSUR TERKAIT SAAT MELAKUKAN RAPAT KOORDINASI[/caption] Selong…

Tiada Hari Libur Untuk Memberantas Pengedar Narkoba
Reskrim
shares3 views
Reskrim
shares3 views

Tiada Hari Libur Untuk Memberantas Pengedar Narkoba

DIT NARKOBA - Okt 23, 2017

Mataram - Kasub Dit III Dit Res Narkoba Polda NTB AKBP AA Gede Agung, SH menuturkan bahwa dirinya beserta tim…

Keberhasilan Ungkap Kasus Oleh Tim Sub Dit III
Reskrim
shares3 views
Reskrim
shares3 views

Keberhasilan Ungkap Kasus Oleh Tim Sub Dit III

DIT NARKOBA - Okt 23, 2017

Mataram - Kembali lagi Tim Opsnal Sub Dit III Dit Res narkoba Polda NTB berhasil menangkap seorang pelaku pengedar narkoba…

Leave a Comment

Your email address will not be published.