DITPOLAIR MENGAJAK MASYARAKAT TOLAK FAHAM RADIKAL

14 Februari, 2016
70 Views

IMG20160213101536Sabtu, 13 Februari 2016 Dit polair Polda NTB melaksanakan sosialisasi Quick Wins Program 1 tentang Penertiban dan Penegakan Hukum Bagi Organisasi Radikal dan Anti Pancasila di wilayah Dusun Waringan, Desa Pelangan Sekotong – Kab. Lombok Barat. Dalam kegiatan ini masyarakat yang hadir sebanyak 95 orang, yang terdiri dari Kepala Desa Sekotong, Kepala Dusun, Kapolsek Sekotong, Bhabinkamtibmas Sekotong, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Sekotong, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat ,Tokoh Pemuda dan Pokmaswas Cinta Bahari.

Wakil Direktur (Wadir) Kepolisian Perairan AKBP Made Sunarta, SE. MH.  menyampaikan beberapa hal terkait bahaya kelompok – kelompok radikalisme yang berkembang saat ini, dimana mereka mencari/merekrut anggota dengan mengatasnamakan agama, untuk itu beliau juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak cepat terpengaruh dan melakukan hal-hal yang bisa merusak keamanan dan ketertiban.

Made juga menjelaskan 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Inilah dasar kita dalam kehidupan sehari-hari agar kita bisa saling menghargai antar suku, agama dan ras, “Mari kita saling menjaga keamanan wilayah masing–masing, karena kalau tidak dari diri kita sediri tidak akan bisa “ imbuhnya

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Sekotong yaitu Bapak Fathurrahman, menjelaskan kepada masyarakat bahwa kelompok-kelompok radikal yang berkembang saat ini seperti ISIS merupakan Faham keras yang berbuat kerusakan, kekerasan dan keonaran dengan mengatasnamakan agama dan itu sangat keliru.

Beliau juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu taat kepada ajaran agama dan menjunjung tinggi nilai toleransi antar umat beragama agar terhindar dari perpecahan. “Tidak ada agama yang mengajarkan kekerasan dan melakukan kerusakan seperti bom bunuh diri dengan mengatasnamakan agama, lalu menganggap dirinya berjihad dan matinya akan masuk surga. Itu hal yang sangat salah” tambahnya.

Kabag Bin Ops (KBO) Ditpolair Polda NTB AKBP Kurniawaddin, SPi.,MM. dalam sosialisasi tersebut menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas terkait dengan Undang-undang Perikanan, penangkapan ikan dengan menggunakan potasium dan bom ikan.

Beliau juga memberikan motivasi kepada masyarakat untuk melestarikan lingkungan seperti menjaga  terumbu karang dan tidak menggunakan bahan peledak, agar generasi penerus dapat merasakan keindahan dan manfaatnya. Karena NTB merupakan salah satu destinasi wisata bahari di Indonesia dan juga dunia yang mulai diperhitungkan dan menjadi prioritas tujuan wisata yag wajib dikunjungi.

Kurniawaddin juga menekankan kepada masyarakat, jika ada yang menggunakan bahan peledak dalam menangkap ikan maka akan langsung ditindak tegas.

 

IMG20160213121256Dalam kegiatan ini Dit Polair mengajak masyarakat dan seluruh tamu undangan berdiri dan secara bersama-sama membaca dan menggaungkan dengan tegas dan lantang Deklarasi menolak Kelompok Faham Radikal dan Anti Pancasila, serta membubuhkan tanda tangan pada Piagam Deklarasi tersebut sebagai bentuk penolakan adanya kelompok-kelompok faham radikal  di wilayahnya.

Dalam acara ini juga Dit Polair menyumbangkan sarana Kontak berupa perlengkapan olahraga, Perlengkapan Ibadah, Perlengkapan Kesehatan, Perlengkapan Nelayan dan Kalender.

Ditpolair Polda NTB benar-benar  serius mendukung dan  menjalankan perintah Kapolri  yang  diimplementasikan melalui Quick Wins Polri Program 1 melalui sosialisasi kepada masyarakat dan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang akan dilaksanakan Dit Polair selama satu tahun kedepan. Hal ini ditujukan guna mensosialisasikan bahayanya kelompok-kelompok radikal dan anti Pancasila yang dapat mengganggu ketertiban di masyarakat.

You may be interested

Team Opsnal Polres Mataram Ringkus Pelaku Curat
Reskrim
shares3 views
Reskrim
shares3 views

Team Opsnal Polres Mataram Ringkus Pelaku Curat

Polres Mataram - Des 15, 2017

Mataram - Team Opsnal  Satuan Reserse Kriminal Polres Mataram berhasil meringkus pelaku curat pada hari ini Jum'at (15/12). Pelaku yang…

Polisi Sahabat Anak – Anak
Umum
shares3 views
Umum
shares3 views

Polisi Sahabat Anak – Anak

Polres Mataram - Des 15, 2017

Mataram - Satuan Binmas Polres Mataram, melaksanakan sosialisasi polisi sahabat anak, kegiatan ini disosialisasikan oleh Kanit Binmas Polres Mataram Aiptu…

Pemain Bhayangkara FC dilarikan ke rs bhayangkara
Binkam
shares21 views
Binkam
shares21 views

Pemain Bhayangkara FC dilarikan ke rs bhayangkara

Rumah Sakit Bhayangkara - Des 15, 2017

(lebih…)

Leave a Comment

Your email address will not be published.