Dit Pol Air Polda NTB turut mengamankan puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) yang diselenggarakan di Pantai Mandalika, Lombok Tengah – NTB

10 Februari, 2016
99 Views
2 Comments

IMG_6241Lombok- Dit Pol Air Polda NTB turut mengamankan puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) yang diselenggarakan di Pantai Mandalika, Lombok Tengah – NTB, pada Selasa (9/2/16) dan dihadiri langsung oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Orang nomor satu di Indonesia tiba di Bandara Internasional Lombok langsung disambut oleh Gubernur NTB, Pangdam IX/Udayana dan Kapolda NTB masing-masing beserta istri kemudian dikalungkan kain songket khas Lombok oleh Ananda Amly Suryantara. Dan ibu Hj. Iriana Joko Widodo di berikan karangan bunga oleh Ananda Baiq Dita Marisadina Erdiani.

Kemudian rombongan Presiden RI berangkat menuju lokasi acara perayaan HPN yang berjarak sekitar 13.8 Km dari Bandara Internasional Lombok (BIL).

Setibanya dilokasi acara, Bapak Presiden Republik Indonesia disambut dengan Tarian selamat datang (Pesona Lombok-Sumbawa), dan dilanjutkan dengan serangkaian acara antara lain:

  1. Penandatanganan Kesepahaman;
  2. Penyerahan Penghargaan Kebudayaan dan spirit of journalism;
  3. Sambutan Ketua Dewan Pers, Bagir Manan; dan
  4. Sambutan Presiden Republik Indonesia

Dalam rangka suksesnya pelaksanaan HPN tersebut, seluruh jajaran TNI-Polri termasuk Ditpolair Polda NTB, melaksanakan Gelar Pasukan yang dilaksanakan pada hari Minggu (7/2) bertempat di Eks. Bandara Selaparang, Mataram dan dipimpin oleh Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI M. Setyo Sularso.

Ditpolair Polda NTB jauh hari telah melakukan persiapan Alut maupun Alsus yang akan digunakan dalam Pengamanan HPN. Jajaran Dit Polair juga telah melakukan pengamanan dan Pengawalan terhadap para peserta yang tiba di Pelabuhan Lembar dengan menggunakan KRI Makasar pada hari Minggu,(7/2/16).

Dir Polair Polda NTB Kombes Pol Gatot Wahyudi, SH. terus mengontrol perkembangan situasi di pusat acara HPN “Dit Polair (Satgas Ban Ops) berada pada ring 3, kami akan terus berusaha untuk tetap menjaga keamanan dan mencegah adanya pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang dapat menggangu kelancaran acara ini. itulah yang kita harapkan, tidak ada gangguan dari darat maupun dari perairan” terangnya.

Saat ditanya kesiapan dan kekuatan personil Ditpolair dalam pengamanan HPN ini, Gatot Wahyudi menerangkan bahwa seluruh personilnya sudah disiagakan sejak 4 Februari lalu. Bahkan Dir Polair sendiri ikut terjun langsung dan bermalam di Pantai Mandalika untuk memastikan keamanan dan kesiapan sekaligus memberikan motivasi kepada para anggotanya.

Ditpolair Polda NTB telah membagi seluruh personil di beberapa tempat strategis yang menjadi konsentrasi pengamanan. “Seluruh personil sudah terbagi pada beberapa lokasi, baik itu di Pantai Mandalika yang langsung menjadi tempat acara puncak perayaan HPN maupun di pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Khayangan” ungkapnya.

Dalam hal pengamanan Presiden Republik Indonesia, Ditpolair telah menerjunkan personilnya di titik-titik rawan di pinggir Pantai Mandalika. Sedangkan untuk pengamanan di perairan yang menjadi wilayah pengamanan utamanya, Ditpolair telah menyiapkan 1 kapal dan 3 rubberboat . “Kapal-kapal yang lainnya melaksanakan patroli di wilayah-wilayah perairan yang menjadi konsentrasi pengamanan kami untuk mencegah masuknya ancaman yang dapat mengganggu kedatangan RI 1” terang Kasatrolda Ditpolair Polda NTB, AKBP Dewa Wijaya, SH. MH.

Lebih jauh Dewa menjelaskan, pengamanan tersebut dilaksanakan hingga usainya perayaan HPN, setelah Presiden joko Widodo beserta rombongan diantar kembali oleh Gubernur NTB, Pangdam IX/Udayana dan Kapolda NTB masing-masing beserta istri, bertolak ke Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Lombok pada Pukul 13.00 wita.

You may be interested

Guna Jalannya Pilkades Yang Aman, Polres Lotim Lakukan Rapat Koordinasi
Binkam
shares2 views
Binkam
shares2 views

Guna Jalannya Pilkades Yang Aman, Polres Lotim Lakukan Rapat Koordinasi

Polres Lotim - Okt 23, 2017

[caption id="attachment_41684" align="alignleft" width="358"] PIHAK POLRES LOTIM BERSAMA DENGAN ANGGOTA KODIM 1615 SERTA UNSUR TERKAIT SAAT MELAKUKAN RAPAT KOORDINASI[/caption] Selong…

Tiada Hari Libur Untuk Memberantas Pengedar Narkoba
Reskrim
shares3 views
Reskrim
shares3 views

Tiada Hari Libur Untuk Memberantas Pengedar Narkoba

DIT NARKOBA - Okt 23, 2017

Mataram - Kasub Dit III Dit Res Narkoba Polda NTB AKBP AA Gede Agung, SH menuturkan bahwa dirinya beserta tim…

Keberhasilan Ungkap Kasus Oleh Tim Sub Dit III
Reskrim
shares3 views
Reskrim
shares3 views

Keberhasilan Ungkap Kasus Oleh Tim Sub Dit III

DIT NARKOBA - Okt 23, 2017

Mataram - Kembali lagi Tim Opsnal Sub Dit III Dit Res narkoba Polda NTB berhasil menangkap seorang pelaku pengedar narkoba…

2 Responses

Leave a Comment

Your email address will not be published.