AKSI UNJUK RASA DARI ALIANSI MAHASISWA DAN AKTIVIS KECAMATAN BELO KAB. BIMA (AMAL) DI POLRES BIMA KOTA

21 Januari, 2016
120 Views
unras 1

Massa aksi Aliansi Mahasiswa dan Aktivis Kecamatan Belo Kab. Bima (AMAL) tiba di depan Mako Polres bima Kota.

Bima Kota, Rabu 20 Januari 2015 pukul 10.30 wita bertempat di Mako Polres Bima Kota telah berlangsung aksi Unjuk Rasa dari Aliansi Mahasiswa dan Aktivis Kecamatan Belo Kab. Bima (AMAL), terkait Kasus Pembunuhan yang mengakibatkan meninggalnya Sdra. RHOMA IRAMA Warga Ds. Renda Kec. Belo Kab. Bima yang terjadi pada hari Rabu tgl 06 Januari 2016 pkul 14. 20 wita di ruang lingkup STKIP Bima, dengan jumlah massa kurang lebih 700 orang, menggunakan R4 Pick up 11 unit dan R2 50 unit dengan membawa alat peraga Sound system, yang bertindak sebagai Koorlap Sdra. LUKMAN, SE dan Sdra. SUHAINI, S.Pd.

Sebelum melakukan aksinya massa aksi berkumpul dan berangkat dari Kec. Belo Kab. Bima dan bergerak menuju Mako Polres Bima Kota, sesaipainya di tempat tujuan Koorlap aksi menyampaikan tuntutannya yang intinya Sbb :

  • Meminta kepada Pihak penyidik Kepolisian Resort Bima Kota, setiap proses penyelidikan oleh pihak penyidik perkembangan/hasilnya diberitahukan pada pihak keluarga korban.
  • Menuntut pihak penyidik Polres Bima Kota menangkap seluruh pihak pelaku yang terlibat pembunuhan terhadap Sdra. RHOMA IRAMA sekaligus membongkar intelektual dibalik tragedi pembunuhan tersebut.
  • Menuntut pihak penyidik agar bersikap tranparasi, akuntabel, objektif, dan profesional, dalam melaksanakan proses penegakan hukum terhadap kasus pembunuhan Sdra. RHOMA IRAMA Alias OMA.
  • Kami meminta kepada pihak penyidik Kepolisian Resort Bima Kota untuk selalu berkoordinasi dengan pihak STKIP Bima Kota agar mendapatkan Saksi – saksi, bukti – bukti, dan fakta, hukum yang dibutuhkan sebelum menempatkan pasal – pasal, atas tindakan pihak pelaku pembunuhan terhadap Korban.
  • Meminta kepada pihak penyidik Polres Bima Kota untuk melakukan gelar Rekonstruksi terhadap kronologis pembunuhan yang terjadi di TKP.
  • Meminta kepada pihak penyidik Polres Bima Kota agar mengambil/menyita seluruh CCTV yang ada di ruang Lingkup Kampus STKIP Bima.
unras 2

Kapolres Bima Kota AKBP NURMAN ISMAIL S.IK memberikan penjelasan dan tanggapan terkait tuntutan dari Massa aksi.

Pukul 11.15 wita Kasat Intelkam AKP IWAN SUGIYANTO melakukan Koordinasi dengan Koorlap aksi Sdra. LUKMAN dan hasil dari Koordinasi tersebut pihak massa aksi meminta Kapolres Bima Kota untuk memberikan tanggapan apa yang menjadi tuntutan dari masi aksi. Kemudian hasil Koordinasi tersebut disampaikan ke Kapolres Bima Kota, selanjutnya Kapolres Bima Kota AKBP NURMAN ISMAIL S.IK memberikan tanggapan apa yang menjadi tuntutan dari massa aksi :

  • Pihak kepolisian tidak ada yang berpihak kepada siapapun, baik dari pihak keluarga Korban ataupun pihak keluarga tersangka.
  • Pihak Kepolisian akan berusaha menerapkan pasal sesuai hukum dan akan mengumpulkan saksi – saksi dan akan melakukan penindakan sesuai dengan prosedur.
  • Kepolisian bangga akan Kritik dan saran dikarenakan sesungguhnya tidak ada yang sempurna selaku manusia ciptaan Allah.
  • Kepolisian berbela sungkawa dan meminta maaf kepada warga Desa Renda Kec. Belo Kab. Bima bila ada kesalahan dan kekurangan saat penangan kasus tersebut.

Setelah menerima tanggapan dari Kapolres Bima Kota massa aksi selanjutnya massa aksi kembali ke Ds. Renda Kec. Belo Kab. Bima, namun ada sekelompok massa yang melewati jalan tikus menuju STKIP Bima, namun berhasil dihalau oleh personil Pengamanan yang mengawal massa aksi. Seluruh kegiatan tersebut berakhir pukul 11.40 wita berjalan dengan aman dan lancar serta dilakukan pengamanan oleh personil Gabungan Polres Bima Kota yang dipimpin langsung oleh Waka Polres Bima Kota KOMPOL NANANG BUDI SANTOSA S.IK. (Humas Polres Bima Kota)

You may be interested

Berantas Penyakit Masyarakat, Polsek Asakota Razia Tempat-Tempat Penjualan Minuman Keras
Binkam
shares2 views
Binkam
shares2 views

Berantas Penyakit Masyarakat, Polsek Asakota Razia Tempat-Tempat Penjualan Minuman Keras

Polres Bima Kota - Nov 25, 2017

[caption id="attachment_43598" align="alignleft" width="300"] Kapolsek Asakota IPTU M. Lutfi Hidayat,SH saat menyita minuman keras disalah satu cafe di pantai ule[/caption]…

Tiga Pelaku Penadah Sepeda Motor Curian Diringkus Polisi Di Sape
Headline
shares5 views
Headline
shares5 views

Tiga Pelaku Penadah Sepeda Motor Curian Diringkus Polisi Di Sape

Polres Bima Kota - Nov 24, 2017

[caption id="attachment_43593" align="alignleft" width="300"] Pelaku dan barang bukti yang diamankan petugas[/caption] Bima Kota - Polres Bima Kota benar-benar bekerja keras…

DPO Kasus Curanmor Asal Desa Lanta Dibekuk Polisi
Headline
shares7 views
Headline
shares7 views

DPO Kasus Curanmor Asal Desa Lanta Dibekuk Polisi

Polres Bima Kota - Nov 24, 2017

[caption id="attachment_43589" align="alignleft" width="300"] Pelaku AF saat diamankan oleh petugas di Polres Bima Kota[/caption] Bima Kota - Upaya Kepolisian Resor…

Leave a Comment

Your email address will not be published.