Sudah 1.120 Terompet “Al Quran” Diamankan Polisi.

Terompet-Bermasalah-592x330Sumbawa Besar, (30/12/2015) Jajaran Polres Sumbawa terus menyisir sejumlah tempat dan pedagang terompet untuk mengamankan terompet berbahan dasar kertas jilid Al Quran. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran terompet yang dianggap bermasalah tersebut. Hingga tadi malam, tim yang dipimpin langsung Kapolres Sumbawa telah mengamankan sebanyak 1.120 buah terompet. Artinya masih tersisa ratusan terompet lagi dari 2.000 terompet yang didistribusi salah seorang distributor asal Wonogori Jawa Timur. Kuat dugaan terompet itu sudah terbeli. “Sampai saat ini sudah 1.120 buah terompet yang kami sita,” kata Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK.

Terompet berbahan dasar jilidan Al Quran ini diketahui beredar di Sumbawa setelah pihaknya mendapat informasi. Sebab di daerah lain juga ditemukan terompet serupa.  Dari kertas jilid Al Quran ini terungkap pencetakannya dilakukan Kementerian Agama RI Tahun 2013.

Seperti diberitakan, Pembuat sekaligus Distributor Terompet, Yatno asal Wonogiri, Jawa Timur, mengaku menerima bahan dasar terompet jilid Al Quran dari temannya bernama Kasio di Wonogiri. Bahan itu dibeli seharga Rp 17 juta yang kemudian dikirim dalam bentuk paketan melalui perusahaan ekspedisi. Selanjutnya pembuatan terompet dilakukan di Sumbawa yang per harinya bisa menghasilkan 300 terompet sehingga dalam beberapa hari ada sekitar 2000-an terompet. Terompet buatannya ini kemudian dititipkan kepada para penjual dengan harga Rp 3000 per buah, yang dijual ke pasaran seharga Rp 5000 per buah. (HUMAS POLRES SUMBAWA)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close