AKSI UNJUK RASA DARI PERHIMPUNAN GERAKAN KEADILAN

15 Desember, 2015
79 Views
unras 1

Perwakilan Massa aksi dari Perhimpunan Gerakan Keadilan (PGK) BIMA di terima oleh Kabag Hukum Pemkab Bima sdra. CHANDRA KUSUMA

BIMA KOTA, Senin 14 Desember 2015 pukul 09.00 wita di Dinas Pertanian dan Hortikultura Kab. Bima berlangsung  aksi unjuk rasa dari Perhimpunan Gerakan Keadilan (PGK) Bima terkait menyikapi berbagai persoalan yang terjadi di Dinas Pertanian dan Hortikultura Kab.Bima di antaranya permasalahan pengadaan bibit bawang dan bibit kedelai terhadap kelompok tani se-Kabupaten Bima dengan jumlah massa 8 (delapan) orang menggunakan R-2 sejumlah 4 ( empat ) unit, 2 ( dua ) bendera merah putih dan megaphone selaku koorlap sdra. MUHAMMAD ARIF.

Pukul 08.30 wita masa aksi berkumpul di Jln. Gatot Subroto Kel. Sadia Kec. Mpunda Kota Bima dan tiba di Dinas Pertanian dan Hortikultura Kab. Bima pada pukul 09.00 wita kemudian langsung melakukan orasi secara bergantian yang intinya meminta Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Bima a.n. Ir. M. TAYEB bertanggung jawab atas semua masalah yang ada.

Adapun tuntutan masa aksi yaitu :

  • Meminta kepada Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultural Kab. Bima bertanggungjawab secara hukum atas berbagai penyimpangan yang terjadi di Dinas Pertanian.
  • Meminta kepada Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Bima bertanggung jawab atas pemberian sertifikat palsu kepada pihak penangkar benih bawang merah yang ada di lingkup Kab. Bima.
  • Meminta kepada PJS Bupati Bima utk segera melakukan evaluasi serta serta meminta Kepala Dinas Pertanian Tanaman dan Hortikultura Kab. Bima untuk bertanggung jawab atas penyelewengan terhadap pemanfaatan serta penggunaan APBD atau APBN thn 2015 serta untuk segera mencopot Kepala Dinas Pertanian Tanaman dan Hortikultura Kab. Bima dari jabatanya secara tidak hormat.

Pukul 09.49 wita, massa aksi mencoba masuk kedalam dan berhasil di halau oleh personil Polsek Rasbar dan Pol PP, pada pukul 09.53 wita perwakilan seorang massa aksi masuk ke ruangan untuk mengecek kebenaran bahwa Kepala Dinas Pertanian Kab. Bima Ir. M. TAYEB tidak ada di tempat. Karena tidak mendapat tanggapan dari pihak Dinas pertanian dan Hortikultura Kab. Bima masa aksi melanjutkan aksi unjuk krasa ke kantor BPSB (BALAI PENGAWASAN DAN SERTIFIKASI BENIH) Bima.

Pada pukul 10.15 wita, masa tiba di kantor BPSB ( Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih ) Bima dan langsung melakukan orasi yang sama secara bergantian. Karena tidak mendapat tanggapan dari pihak BPSB Bima massa aksi melanjutkan aksi unjuk rasa ke Kantor Bupati Bima.

Pukul 10.51 wita, massa tiba di kantor Bupati Bima dan langsung melakukan orasi dengan tuntutan yang sama, Pukul 11.20 wita massa aksi diterima oleh Kabag Hukum Pemkab Bima sdra. CHANDRA KUSUMA dan menyatakan bahwa bapak Bupati Bima sedang tidak ada di tempat dan akan menampung aspirasi massa aksi untuk disampaikan kepada bapak Bupati.

Adapun permintaan massa aksi yaitu :

  • Agar dilakukan Pemanggilan terhadap Pimpinan Dinas Pertanian dan Hortikultura Kab. Bima.
  • Agar dilakukan pemanggilan terhadap Pimpinan BPSB Kab. Bima.
  • Terkait Anggaran APBN senilai 18 M ( delapan belas milyar ) kepada Dinas Pertanian dan Hortikultura Kab. Bima tidak sesuai degan pengadaan bibit bawang, Menurut massa aksi pengadaan bibit hanya menghabiskan anggaran sejumlah 900.000.000,- ( sembila ratus juta )
  • Bawang yang seharusnya dibagikan kepada kelompok tani adalah bawang label Super Philips kenyataan bibit bawang yang bagikan bibit bawang campuran.
  • Agar dilakukan pemanggilan terhadap pihak – pihak terkait.

Kegiatan Aksi Unras dari Perhimpunan Gerakan Keadilan (PGK) BIMA berakhir pada pukul 11.38 wita berjalan dengan aman dan tertib serta dilakukan pengamanan oleh 1 ton Dalamas 1 unit Sat IK, gabungan personil Polsek Rasanae Barat dan Polsek Asakota yang dipimpin oleh IPTU H. ABD MALIK. (Humas Bima Kota)

You may be interested

Cegah Keributan Dan Kemacetan, Direktorat Sabhara Polda NTB Turunkan Unit Patroli Amankan Giat Masyarakat Nyongkolan
Umum
shares1 views
Umum
shares1 views

Cegah Keributan Dan Kemacetan, Direktorat Sabhara Polda NTB Turunkan Unit Patroli Amankan Giat Masyarakat Nyongkolan

DIT SABHARA - Okt 21, 2017

Mataram –  tradisi adat sasak  Nyongkolan merupakan sebuah kegiatan adat yang menyertai rangkaian acara dalam prosesi perkawinan pada suku sasak di Lombok Nusa…

Cipta Kondisi Di Kabupaten Dompu, Tim Gabungan Sita Ribuan Liter Minuman Keras
Binkam
shares4 views
Binkam
shares4 views

Cipta Kondisi Di Kabupaten Dompu, Tim Gabungan Sita Ribuan Liter Minuman Keras

Polres Dompu - Okt 21, 2017

[caption id="attachment_41604" align="alignnone" width="300"] Proses penertiban minuman keras di kabupaten dompu[/caption] Dompu - Sebanyak kurang lebih 2.100 (dua ribu seratus)…

Dalmas Polda NTB Amankan Kegiatan Rutin Masyarakat di Hari Libur
Binkam
shares11 views
Binkam
shares11 views

Dalmas Polda NTB Amankan Kegiatan Rutin Masyarakat di Hari Libur

DIT SABHARA - Okt 21, 2017

Mataram - Lombok merupakan salah satu pulau dengan penduduk Muslim terbanyak nomor 3 di Indonesia dan memiliki satu bahkan lebih…

Leave a Comment

Your email address will not be published.