LOMBOK TIMUR BERDUKA

     Selong – Sosok TGH. Sibawai merupakan salah seorang tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat sekaligus ketua Pam Swakarsa AMPHIBI yang cukup Mashur bukan saja di Lombok Timur namun mencakup wilayah Nusa Tenggara Barat, bagaimana tidak demikian, Pam swakarsa yang diketuai oleh Almarhum yang akrab di sebut Tuan guru Sibawai tersebut memiliki Ranting dan Cabang di 9 Kabupaten yang tersebar di Nusa tenggara barat, serta memiliki Puluhan Ribu Anggota dibawah naungan Pam Swakarsa AMPHIBI.

DSC01474

para jamaah saat menyambut kedatangan di lokasi pemakaman

Berbicara masalah Lombok Timur bagian Selatan maka secara tidak langsung akan membicarakan TGH. Sibawai dikarenakan, dia adalah sosok pahlawan bagi Masyarakat yang ada di bagian Selatan Lombok Timur, sosok Sibawai begitu diagung-agungkan oleh Masyarakat Selatan Lombok Timur karena banyak yang diperbuat khususnya bagi kemaslahatan ummat seperti pembangunan Masjid, Madrasa, Surao-surao dan beberapa sarana-sarana umum yang dapat dimanfaatkan oleh Masyarakat.

Tokoh Agama, Masyarakat skaligus Toko terpandang di Pamswakarsa AMPHIBI ini terkenal bukan saja di kawasan Kabupaten Lombok Timur namun meliputi daratan Pulau Sumbawa bahkan sampai dengan Pulau Jawa terlebih lagi diketahuinya TGH. Sibawai memiliki Hubungan persahabatan dengan Mantan RI 1 Susilo Bambang Yudhoyono membuat almarhum semakin Mashur.

DSC01481

Anggota dalmas polres lotim saat mengamankan prosesi Pemakaman

Tuan Guru Haji Sibawaihi wafat di usia 68 tahun tepatnya pada hari Selasa tanggal 24 Nopember 2015, ada yang berbeda dengan Pemakaman almarhum dibandingkan dengan pemakaman-pemakaman yang lain, karena almarhum dikebumikan di sebuah bukit yang dulu semasa hidupnya bukit tersebut kerap kali dipakai untuk berhalowat ( mencari ketenangan/hablumminalloh).

 

Masyarakat yang menghadiri pemakaman almarhum tersebut cukup banyak hingga membuat jalan Pemongkong padat merayap, bagaimana tidak para jamaah, Para anggota Amphibi dan warga Masyarakat memenuhi sepanjang jalan menuju lokasi Peristirahatan terakhir yang diperkirakan puluhan Ribu orang tumpah di sepanjang jalan dan lokasi pemakaman tersebut. Orang – orang yang hadir dalam acara pemakaman tersebut juga bukan main-main mulai dari Kapolda NTB, Danrem, Kapolres Lotim, Dandim 1615 Selong, Bupati, wakil Bupati Lotim dan beberapa Pejabat teras sejajaran Nusa Tenggara barat hadir juga dalam layatan saat itu (Rabu 25 Nopember 2015)

DSC01507

para jamaah yang menghadiri acara pemakaman

Jamaah yang menghadiri layatan tidak ada putus-putusnya sampai dengan selesai pemakaman, Jenazah Almarhum dibawa dari Masjid menuju tempat peristirahatanya yang terakhir menggunakan Mobil Jenazah Rumah sakit Umum R. Seoedjono Selong dan mendapatkan Pengawalan menggunakan Mobil Patroli Rangger yang dimiliki oleh Polsek Jerowaru sekira pukul 14.00 wita dan sampai di lokasi pemakaman sekira pukul 15.30 wita, waktu yang sedemikian lama menuju lokasi pemakaman bukan saja disebabkan karena jauhnya lokasi Solat Jenazah dengan tempat pemakaman, tapi juga Jalan yang berbukit, terjal serta banyaknya para Jamaah yang menghadiri Pemakaman tersebut juga ikut mempengaruhi lamanya Jenazah sampai di Lokasi Pemakaman.

Banyaknya Para pelayat yang menghadiri prosesi pemakaman tersebut betul-betul membuat jalanan padat merayap hingga tidak bisa dilewati oleh Mobil dan Sepeda Motor, tidak sedikit para jamaah yang ingin menyaksikan Prosesi Pemakaman Almarhum merelakan diri untuk meninggalkan Sepeda Motornya dan berjalan menuju Lokasi pemakaman melewati Pematang Sawah dan berjalan sampai dengan sekian beberapa Kilo Meter untuk sampi di Lokasi Pemakaman, Selain itu juga tidak sedikit pula Masyarakat yang Pasrah menunggu Prosesi Pemakaman selesai di Lokasi Macet dan sebagian diantaranya pulang dan memilih akan datang di keesokan harinya.

Lokasi serta jalanan yang dilalui oleh para Pelayat tersebut walaupun padat merayap mampu dicairkan oleh jajaran 9 (satuan lalu lintas) Polres Lombok Timur, sementara untuk dilokasi pemakaman sudah disiapkan Anggota Polsek Jerowaru yang di Back Up oleh 1 (sau) Peleton Dalmas serta beberapa Anggota dari Res Intel Polres Lombok Timur.

Setingan Bag Ops Polres Lombok Timur dalam Pengamanan Prosesi Pemakaman almarhum tersebut Begitu rapi dan ketat dikarenakan almarhum adalah orang termashur di Lombok Timur Bagian selatan serta memiliki jamaah yang cukup banyak oleh karena itu sesuai dengan Anev maka Prosesi Pemakaman tersebut harus mendapatkan Pengamanan ketat dan menerjunkan Personil yang cukup banyak.

DSC01509

Anggota PolresLotim saat mengamankan para jamaah

Isap tangis Masyarakat yang hadir dalam Prosesi tersebut seolah-olah tidak dapat hilang dari pendengaran dan Banyaknya para pelayat yang menghadiri prosesi tersebut seolah-olah tidak luput dari pandangan, bagaimana tidak puluhan Ribu Masyarakat yang hadir di pemakaman tersebut tidak ubahnya seperti benih Padi yang tumbuh di hamparan sawah, Pemakaman tersebut berakhir sekira pukul 16.30 wita namun Arus lalulintas tetap mengalir sampai dengan menjelang Azan Magrib, walaupun demikian Arus dapat dapat dikendalikan oleh Jajaran 9 (satuan lalulintas) yang berkoordinasi dengan Anggota Polsek Jerowaru, Situasi aman serta mampu dikendalikan sesuai dengan Harapan Polres Lombok Timur.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close