PENGAMANAN KEGIATAN SARASEHAN REGIONAL

18 November, 2015
89 Views
SARASEHAN

Sarasehan regional dengan tema “Strategi Pencegahan dan Penanggulangan Radikalisme serta Terorisme diwilayah Nusa Tenggara “

Selasa tanggal 17 November 2015 pukul 09.00 wita bertempat di gedung Paruga Nae Convention Hall Kota Bima berlangsung kegiatan sarasehan regional dengan tema ” Strategi Pencegahan dan Penanggulangan Radikalisme serta Terorisme diwilayah Nusa Tenggara ” yang diselenggarakan oleh  Gerakan Pemuda ANSHOR Kota Bima          ( ketua M RUSYIDI IBRAHIM ) dan Kab Bima ( WAHYUDIN ALWI ). Peserta dan undangan dalam acara sarasehan tersebut yaitu : ketua MUI kota Bima (H M Saleh Ismail), ketua MUI  kab Bima (H ABDURRAHIM HARIS MA), BIN NTB AKBP ABDUL WAHAB, Unsur FKPD Kota Bima, Waka Polres Bima kota, Kasdim 1608 Bima, Sekda kota Bima (IR. MUHAMAD RUM ), Ormas islam  Muhamadiyah, Ormas islam persis / Persatuan Islam, NU, JAS (Jamaah Ansharusy Syariah), Hizbut Tahrir Indonesia, Khilafatul Muslimin, seluruh pengurus mesjid se kota Bima yqng berjumlah sekitar 200 perwakilan dari mesjid, pengurus ponpes se kota bima, guru agama Sma sederajat se kota Bima, Pengurus OSIS sma se- kota Bima,  Organisasi kepemudaan PMII dari masing masing Kec se-kota Bima, PMII dari masing masing Kec se -kab bima, organisasi kepemudaan PMII labuan bajo , organisasi kepemudaan PMII se-kab Dompu, Pengurus GP Anshor kab Sumbawa,  HMI Cab Bima, IMM Kab Bima, Nahdathul Wathan, KNPI kota bima,  FKUB kota Bima, FKUB kab bima, FKUB kab dompu, seluruh BEM sekota bima , Babinsa se-kota Bima, Babinkamtibmas Polres Bima Kota, Toma, Toga, ketua rt/rw tempat basis pok radikal ( kel. Penatoi , kel melayu) , kemenag kota Bima, kemenag kab bima, penyuluh agama islam kemenag kota Bima,  pimpinan perguruan tinggi sekota bima. Hadir juga dalam acara tersebut dari BNPT ( Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ) KOMBES POL TORIK bersama rombongan.  Pihak penyelenggara sarasehan telah mengundang kelompok radikal yang ada di kota bima yaitu pok JAS , JAT dan Khilafatul muslimin dan  Setelah dilakukan pengecekan pada absensi peserta sarasehan tdk ada ditemukan  anggota pok radikal  yg hadir, sebagai narasumber yaitu Prof. Azyumardi Azra mantan dosen universitas syarif hidayatullah instruktur pusat BNPT, kapolda NTB yang diwakili oleh Dir Binmas kombes Pol Suwarto, Mantan pimpinan laskar Mujahidin Poso ustad Azzumu Satui.

Pada 09.00 wita giat tersebut dibuka langsung secara resmi oleh Sekda Kota Bima Drs H M RUM adapun dalam sambutannya yaitu sangat berterima kasih kepada pihak panitia yaitu drai GP Ansor yang telah mengundang Pemerintah Kota Bima serta menambahkan Pemerintah Kota merasa prihatin dengan terjadinya berbagai permasalahan di berbagai Negara seprti di Negara Suria, Irak dan yang terkahir terjadi di Negara Prancis, serta menambahkan bahwa teroris seperti ISIS masih menjadi ancaman bagi masyarakat dan Negara kita, ISIS juga bukan merupakan ancaman biasa melainkan ancaman kemanusian yang terorganisir dan upaya pencegahannya perlu dilakukan secara terpadu sehingga terciptanya rasa aman pada masyarakat dan Negara.

Kemudian dilanjutkan dengan Sarasehan regional oleh nara sumber Prof. AZYUMARDI AZRA mantan dosen universitas syarif hidayatullah. adapun dalam penyampaiannya yaitu :

  • Penjelasan terkait Radikalisme yaitu upaya untuk melakukan perubahan secara cepat dengan cara – cara yang tidak lazim dan tidak biasa.
  • Penjelasan terkait Terorisme yaitu kekerasan yang tidak biasa yang menggunakan peralatan atau senjata dengan mengorbankan orang lain tanpa pandang bulu dengan tujuan untuk membuat trauma atau ketakutan yang luar biasa terhadap sasarannya.
  • Kenapa kegiatan radikalisme selalu dikaitkan dengan Agama Islam yaitu dikarekan banyak faktor yang disebabkan adanya kekuasaan dibawa kekuatan Militer dan menjadikan suatu kelompok / aktifis Agama sehingga timbul radikalisme dari kelompok tersebut.

Serta menambahkan  agar semua pihak serta seluruh elemen masyarakat lebih peduli dan bertanggung jawab atas penanggulangan terorisme serta kondusifitas daerah karena persoalan radikalisme bukan merupakan tugas dan tanggung jawab pihak kepolisian serta pemerintah saja akan tetapi itu merupakan tanggung jawab bersama, selain itu juga bertujuan untuk menumbuhkan sensifitas masyarakat terhadap orang-orang disekitarnya atau orang-orang yang mencurigakan di masyarakat agar tidak takut melaporkan ke pihak kepolisian.

Kemudian dilanjutkan dengan instruktur pusat BNPT serta mantan pimpinan laskar Mujahidin Poso Ustad AZZUMU SATUI adapun dalam sambutannya yaitu : bahwa ISIS merupakan kelompok garis keras yang tidak sesuai dengan syariat Islam, serta menyatakan bahwa ISIS telah menTOUGUTkan Polisi, TNI dan PNS dan mengharapkan kepada umat Islam untuk membentengi diri dengan iman dan takwa kepada Allah SWT dan tidak gampang terpengaruh oleh kelompok ISIS, serta menambahkan bahwa kejadian penembakan dan Bom bunuh diri di Paris Prancis adalah merupakan aksi yang dilakukan oleh kelompok ISIS. Sambutan dari Narasumber Dir Binmas Polda NTB Kombes Pol Suwarto adapun sambutanya yaitu mengajak seluruh eleman masyarakat untuk sama – sama memerangi kelompok radikalisme maupun terorisme yang ada di wilayah Kota , Kab Bima sehingga dapat terciptanya situasi keamanan yang kodusif khususnya di wilayah NTB.

Dilanjutkan dengan Sambutan dari Ketua MUI kab Bima H ABDURRAHIM HARIS MA adapun dalam sambutannya yaitu agar kita bersama selalu melakukan kerjasama dengan para ulama serta tokoh masyarakat untuk memberikan pemahaman tentang pengertian jihat kepada masyarakat maupun generasi muda sehingga dalam pemahamannya tidak melenceng dari syariat Islam.

Pukul 11.00 wita dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab antara Narasumber dan beberapa orang tamu undangan anatar lain yaitu :

  • TAUFAN SAKBAN pengurus GP ANSHOR kab bima,  pernah sebagai khatib jumat di mesjid istiqomah penatoi dan disaat sedang berkhutbah Taufan Sakban diturunkan dari mimbar oleh angg pok radikal karena dirinya dianggap kafir karena bukan dari kelompok mereka serta meminta agar menutup lokasi giat pok radikal di penatoi.
  • SYAFRUDIN, wartawan meminta kepada seluruh peserta agar mensosialisasikan apa yang didapat dari sarasehan terkait radikalisme dan terorisme serta mengajak masy bima secara bersama sama memerangi isis.

Nara sumber Prof. AZYUMARDI AZRA mengatakan agar tidak takut dengan kelompok radikal yang telah menurunkannya pada saat berkhubah serta meminta agar tetap melakukan khutbah pada mesjid – mesjid yang ada di kota Bima, Ustad AZZUMU SATUI menambahkan juga dirinya berkeinginan sekali untuk bertemu dengan SANTOSO teroris Poso guna untuk menyadarkannya dan kembali ke syariat Islam yang sebenarnya.

Dalam acara terssebut dibuat Rekomendasi dan kesepakatan bersama sarasehan regional yang isinya  Demi menjaga keutuhan dan kedamaian NKRI maka kami bersepakat untuk :

  • menolak dan melawam setiap tindakan radikalisme dan terorisme berbasis agama.
  • Menciptakan perdamaian dan kerukunan hidup antar dan intern umat beragama
  • Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan demi terwujudnya NKRI yg utuh.
  • Berkomitmen untuk menciptakan kedamaian dalam faham dan keyakinan yang berbeda-beda.
  • Menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama

Setelah dilakukan sesi Tanya jawab pada pukul 12.20 wita dilakukan penandatangan bersama di atas spanduk dengan tema tolak ISIS dan lawan Radikalisme serta terorisme yang ditandatangani oleh Narasumber dan seluruh tamu undangan yang hadir, giat  berakhir pukul 12.30 wita berjalan dengan aman dan lancar dan dilakukan pengaman oleh personil Polsek rasanae barat dan Personil Polres Bima Kota yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Bima Kota KOMPOL I WAYAN MUNDRA.(Humas Polres Bima Kota)

You may be interested

Polwan Polres Lotim Jenguk Peteran Yang Terlupakan
Binkam
shares2 views
Binkam
shares2 views

Polwan Polres Lotim Jenguk Peteran Yang Terlupakan

Polres Lotim - Agu 18, 2017

[caption id="attachment_37190" align="alignleft" width="378"] BRIPKA IKA SAAT MEMBERIKAN BINKISAN KEPADA ABU SAMSUDIN[/caption] Sukamulia - Orang Bijak mengatakan; masalalu untuk dikenang…

Dit Sabhara Polda NTB Melaksanakan Pengamanan Dan Buddy System HUT RI Ke 72
Binkam
shares3 views
Binkam
shares3 views

Dit Sabhara Polda NTB Melaksanakan Pengamanan Dan Buddy System HUT RI Ke 72

DIT SABHARA - Agu 18, 2017

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Kamis (17/08/2017). Seputar Pengertian kemerdekaan adalah Suatu kebebasan, sedangkan peringatan hari kemerdekaan suatu Negara…

Brimob Detasemen A Sumbawa Amankan Paralon Diduga Bom
Umum
shares4 views
Umum
shares4 views

Brimob Detasemen A Sumbawa Amankan Paralon Diduga Bom

adminpolda 2 - Agu 17, 2017

Mataram - Dipimpin Komandan Subden 3 Gegana Detasemen A Sumbawa Iptu Yuswanto, Rabu (16/8) sekitar pukul 05.50 wita, 7 personil personil Subden…

Leave a Comment

Your email address will not be published.