Anak-Anak Maling Rokok & Snack, Polisi Upayakan Mediasi

4 November, 2015
109 Views
IMG-20151102-WA0020

Upaya mediasi yang dilaksanakan Polisi, Camat Pemenang dan unsur terkait

tribratanewsntb.com Pemenang – Peristiwa pencurian yang dilakukan oleh 3 orang anak di toko Hajjah Pemenang pada 31 oktober 2015 lalu mendapat perhatian khusus dari polisi tentang penanganannya. Polisi berusaha untuk melakukan mediasi antara pemilik toko dan para orang tua dari anak-anak tersebut.

Kabid Humas Polda NTB, AKBP Tribudi Pangastuti mengatakan bahwa mediasi ini merupakan upaya polisi dalam menyelesaikan masalah dari sisi kemanusiaan, mengingat tersangka pencurian tersebut adalah anak-anak yang masih duduk di bangku SD dan SMP.

“Hukum tetap kita tegakkan, namun mediasi juga perlu karena kasus ini mengenai anak dibawah umur” kata Tribudi.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pencurian itu memang sudah dilakukan dua kali oleh mereka namun jika dilihat dari apa yang dicuri yaitu 1 bungkus rokok dan beberapa bungkus makanan ringan, itu hanya termasuk kenakalan yang perlu pembinaan di fase umur sepuluh sampai dua belas tahun seperti mereka.

Peserta mediasi kasus pencurian anak dibawah umur

Peserta mediasi kasus pencurian anak dibawah umur

Dengan mediasi yang dilakukan oleh polisi bersama para orang tua tersangka dengan korban bersama unsur terkait seperti Camat Pemenang, pihak LPA Tanjung dan Kepala Sekolah juga wali kelas anak-anak tersebut, diharapkan dapat menimbulkan efek jera kepada mereka. Para orang tua juga pihak sekolah juga diharapkan dapat lebih perhatian dalam membina moral anak-anak mereka.

“Upaya mediasi sudah dilaksanakan kemarin, 2 November 2015 dan pemilik toko tidak keberatan dengan upaya yang dilakukan polisi itu” lanjut Tribudi.

Dijilaskan, selain upaya hukum seperti yang biasa dilakukan polisi dengan mengacu pada Undang-Undang, kita juga harus melihat aspek moral dalam kasus-kasus tertentu seperti yang terjadi ini.

“Jika upaya-upaya mediasi itu dapat menyelesaikan masalah lebih baik dan cepat dan berdampak positif kepada masyarakat, tidak masalah itu dilakukan” tutupnya. (oprntb)

You may be interested

Jelang Akhir Tahun, Polres Dompu Terus Pantau Harga Sembako
Binkam
shares4 views
Binkam
shares4 views

Jelang Akhir Tahun, Polres Dompu Terus Pantau Harga Sembako

Polres Dompu - Des 12, 2017

[caption id="attachment_44557" align="alignnone" width="300"] Petugas kepolisian melakukan pemantauan harga secara langsung[/caption] Dompu - Satuan Reserse Kriminal Resor Dompu terus lakukan…

Binkam
shares6 views

Kapolres Lotim ; Sebagai Personel Polri, Pegang Teguh Komitmen Netralitas

Polres Lotim - Des 12, 2017

[caption id="attachment_44552" align="alignleft" width="341"] PESRTA UPACARA DALAM RANGKA PERGESERAN PASUKAN[/caption] Selong - Polres Lombok Timur Lakukan Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan…

Tukang Pijit Panggilan Terjerat Masalah Narkoba
Reskrim
shares3 views
Reskrim
shares3 views

Tukang Pijit Panggilan Terjerat Masalah Narkoba

DIT NARKOBA - Des 12, 2017

Mataram - Siapapun bisa terkena masalah narkoba, jika tidak kuat imannya, ini terbukti bahwa salah seorang tukang pijit panggilan an.…

Leave a Comment

Your email address will not be published.